Temulawak untuk Bayi 1 Tahun, Bolehkah? Ini yang Perlu Anda Ketahui, Bunda…

Minum jamu apalagi temulawak sudah menjadi tradisi dan kebiasaan yang tidak asing untuk keluarga Indonesia. Hal ini juga berlaku apabila sang anak sedang sakit atau mengalami keadaan susah makan. Maka tak heran jika banyak yang menanyakan, Apakah Temulawak untuk Bayi 1 Tahun Boleh Diberikan atau tidak?

Ternyata temulawak untuk balita sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan anak Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Hingga kini, temulawak pun masih menjadi andalan orang tua untuk mengatasi anak susah makan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menurut Penelitian dari Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) di tahun 2010. Terdapat 96% orang yang telah minum jamu temulawak yang merasakan langsung khasiatnya.

verifikasi-gizidat

Pertanyaan besarnya, lalu bolehkah anak usia 1 – 6 tahun minum jamu temulawak? Bagaimana terutama dengan bayi usia 1 tahun?

Jika Anda sebagai orangtua masih merasa ragu untuk memberikan jamu temulawak untuk anak, apalagi saat ini yang masih berusia dibawah 2,3,4 dan 5 tahun Anda perlu menyimak paparan ini.

Kapan Anak Anda Diperbolehkan Mulai Minum Jamu Temulawak?

Jamu ialah ramuan herbal yang dibuat dari aneka bahan-bahan alami. Bahan itu bisa diperoleh dari aneka macam tanaman seperti daun, akar, buah, batang, umbi, dan bunga.

Jamu terutama temulawak tidak menggunakan kandungan kimia tambahan seperti paracetamol, pengawet kimia, perisa buatan, atau zat tambahan lainnya. Sehingga, jamu temulawak aman untuk dikonsumsi siapa pun juga.

dr. Aldrin Nelwan Sp.AK., MARS., M.Kes., M.Biomed, Sebagai Kepala Unit Pengobatan Integratif Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta, menjelaskan alangkah baiknya bayi yang masih menyusui secara eksklusif tidak diberikan jamu temulawak terlebih dahulu. Namun, apabila bayi sudah lepas dari masa pemberian ASI eksklusif, sekitar usia 6 bulan, maka Anda boleh memberikan temulawak.

gizidat

Dosis yang aman Memberikan Temulawak untuk Anak

Meskipun temulawak terbuat dari bahan alami, bukan berarti boleh dikonsumsi tanpa menimbang dosis tertentu. Mengonsumsi terlalu banyak bahan tertentu seperti jami juga memiliki resiko efek samping, terutama untuk anak dibawah 5 tahun yang rentan dibandingkan orang dewasa.

Perhatikan jika Anda membeli jamu jadi yang tersedia di pasaran akan informasi dosis / cara aturan pakai apabila temulawak akan diberikan untuk bayi, anak, dan orang dewasa.

Dosis aman pemberian temulawak untuk anak terutama dibawah 12 tahun adalah 1/2 orang dewasa. Jika anak di bawah 5 tahun atau balita, Anda bisa memberikan 1/4 dosis orang dewasa.

gizidat-di-apotik

Hal Penting sebelum memberikan Jamu Temulawak untuk Anak usia 1 Tahun

Temulawak akan Anda berikan untuk bayi dan anak harus benar diperhatikan komposisi dan penggunaannya. sebab, temulawak ini bisa diberikan sebagai tambahan dalam bentuk minuman, obat luar, atau suplemen.

Selain hal tersebut, Anda sebagai orangtua juga harus selalu menjaga kebersihan dalam hal penyimpanannya.

Selalu cuci bersih tangan Anda sebelum membuat, menyeduh, maupun mengoleskan temulawak pada bayi dan Anak. Pastikan juga bahwa temulawak disimpan pada suhu ruangan, dalam botol kaca atau plastik yang sudah dinyatakan aman untuk makanan, dan jangan disimpan terlalu lama.

Nah, ada baiknya jika anak atau bayi Anda tidak minum temulawak bersamaan dengan obat. Jika anak memang sedang sakit dan saat ini mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya hindari dulu minum temulawak. Namun jika anak Anda masih diperbolehlan minum obat yang diresepkan oleh dokter berilah jeda 1-2 jam untuk memberikan jamu ini agar tidak kontra dengan khasiat obat dokter.

agen-gizidat

Khasiat Temulawak untuk anak

Temulawak sudah dipercaya sejak lama dapat meningkatkan nafsu makan anak terutama yang telah berusia 1 tahun ke atas. Selain itu temulawak juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan gejala penyakit tertentu seperti diare dan influenza, sekaligus juga dapat meringankan rasa sakit karena gigi yang mau tumbuh.

Membiasakan anak minum jamu temulawak juga baik untuk mencegah ketergantungan terhadap obat-obatan farmasi yang mengandung bahan kimia sehingga anak tidak mengalami esistensi antibiotik.

apa-itu-gizidat

Gizidat Madu Gemuk Anak Ikan Sidat yang Mengandung Temulawak dan Probiotik Alami

Bunda tidak perlu cemas atau khawatir mengenai dosis yang tepat jika memberikan jamu temulawak pada anak usia 1 tahun ke atas, karena saat ini sudah ada Gizidat Madu Anak Ikan Sidat yang mengandung temulawak dan probiotik alami.

Gizidat mengandung madu hutan alami, protein yang tinggi gizi dan nutrisi dari ekstrak ikan sidat, probiotik dan tentu saja temulawak yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dari batuk, pilek, flue dan demam, sekaligus juga akan membangkitkan nafsu makan anak dan menjadikan anak sehat, lincah dan cerdas.

Sudah banyak testimoni yang berhasil setelah konsumsi Gizidat Temulawak ini bunda. Anda bisa membaca di : Khasiat Gizidat Temulawak untuk Anak.

Harga Gizidat Madu Temulawak adalah Rp. 68.000,00 / botol

Silahkan melakukan kontak langsung ke WA di bawah ini atau silahkan googling dengan kata kunci Apa itu Gizidat


pengunjung juga mencari artikel:

    bagus atau gak temulawak untuk anak 1 tahun, bolehkah anak 1 taun diberi temulawak, Dosis jamu temulawak untuk balita, temulawak untuk anak usia 1 tahun