Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 bulan

Bunda, jikalau anak kami ada masalah makan pasti sedih luar biasa. nah, ini salah satu curhat seorang ibu terhadap anaknya yang ada masalah makan. Kebetulan anaknya umur 16 bulan.

Dok, anak aku umurnya 16 bulan. Anakku sangat aktif, bahkan hampir setiap jam main dan banyak omong trs. Tapi urusan makan kok sangat susah. Maunya makan pake tangan, jd suka ada masalah kalo rela bikin sayur krn gak rela disuapin pake sendok. Makan jg gak banyak dok. Sukanya nasi doang. Kalo orng makan suka nyomot” nasinya aja. Apa tidak apa”? Ada solusi biar asupan sayurnya ttp masuk? Trims

jual-gizidat

Jawaban dari klikdokterdotcom

Kami tahu kegelisahan yang Anda rasakan. Pada dasarnya, anak-anak di dalam umur perkembangan membutuhkan asupan gizi yang sepadan dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan dapat sayur dan buah juga mutlak untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga umur 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan kurang lebih 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini mampu dipenuhi bersama dengan porsi makan 3x sehari bersama dengan kandungan 1 piring nasi bersama dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari mampu diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian keperluan kalorinya mampu terpenuhi.

Beberapa penyebab yang menjadikan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  1. Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, agar anak tidak mulai lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll.
  2. Akibatnya disaat jam makan tiba anak udah kekenyangan.
  3. Minum susu sangat banyak. Padahal sesudah anak berusia 1 tahun, Kedatangan susu di dalam menu sehari-hari bukanlah perihal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi keperluan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri gampang kami dapatkan di dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas umur 1 th. keperluan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak bersama dengan bermacam model makanan. Ubah pola pikir orangtua
  4. Bosan bersama dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan bersama dengan baik.
  5. Anak sedang di dalam fase ‘negativistik’. Bina komunikasi yang baik bersama dengan anak. Bersabarlah hadapi anak.
  6. Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak rela makan mampu juga disebabkan sebab anak sedang sakit atau sedang sedih.

verifikasi-gizidat

Apa kurang lebih penyebab susah makan terhadap anak Anda?

Berikut ini kami menyertakan tips yang mampu menopang anak untuk menyenangi makanan dan makan bersama dengan lebih mudah:

  1. Mengurangi cemilan yang menyebabkan anak kenyang
  2. Buat keadaan makan yang mengasyikkan bagi anak
  3. Jangan cepat menyerah jikalau anak tidak menyukai makanan yang kami tawarkan. Coba ulangilah lagi bersama dengan keadaan yang berbeda.
  4. Sajikan makanan yang cukup beragam kepada anak agar anak tidak bosan.
  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu terhadap anak di dalam jumlah berlebihan.
  6. Jumlah susu yang berlebihan dapat menyebabkan anak kekenyangan agar anak tidak rela makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.
  7. Berikan jadwal makan tertata di dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menggunakan makanannya
  8. Hindari menunjukkan muka risau atau marah disaat anak tidak rela makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang tidak cukup baik justru mampu menyebabkan anak tetap melakukannya lagi
  9. Bila anak rela makan atau rela menggunakan makanannya maka berilah pujian

gizidat-madu-gemuk-anak-ikan-sidat

Nah, jika bunda masih kesulitan bagaimana cara mengatasi anak susah makan usia 16 bulan, ada baiknya untuk diberikan Gizidat Madu Gemuk Anak Ikan Sidat yang bagus sekali untuk merangsang dan meningkatkan nafsu makan anak. Dari Anak yang susah dan sulit makan jadi lahap dan doyan makan.

Tidak itu saja bunda, kandungan ekstrak ikan sidat dalam madu gizidat tinggi protein dan gizi penting yang diperlukan oleh tubuh anak untuk mendukung tumbuh kembangnya agar jadi anak yang sehat, gemuk, lincah dan cerdas.

Gizidat sudah banyak sekali testimoninya loh bunda. Anda bisa membaca penjelasan lengkap disini: Apa itu Gizidat.

Untuk pembelian Gizidat bisa kontak kami dibawah ini dan testimoninya bisa Anda langsung lihat di instagram.com/testimoni_gizidat

Harga Gizidat Rp. 68.000,- / botol

Untuk pembelian Gizidat Madu Gemuk Anak Ikan Sidat yang bagus sekali untuk atasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan. Silahkan klik link dibawah ini


pengunjung juga mencari artikel:

    makanan anak 16 bulan