Bagaimana Cara Mendidik Anak dengan Pendidikan Karakter  

Cara mendidik Anak dapat dilakukan melalui pelbagai metode yang tergantung dengan gaya pendidikan anak yang dikehendaki oleh pendidik. Tentunya kita akan bangga jika melihat tingkah laku anak yang menyenangkan hati dan mata. Anak yang baik biasanya tutur katanya seolah mewangikan pendengarnya, dan geliatnya mencitrakan kedamaian. Potret anak yang demikian sebetulnya merupakan metode pendidikan etika yang luhur. Dengan begitu, cara mendidik anak yang baik dapat dilakukan dengan memberikan pengarahan hal ihwal pendidikan karakter.

gizidat-untuk-usia-berapa

Cara untuk Mendidik Anak pada Usia Dini

Sumber belajar anak tatkala anak lahir berasal dari orangtuanya. Oleh karenanya, perang orangtua sangatlah penting bagi tingkah laku anak di masa balita.

Salah satu cara cara mendidik anak usia dini sebagai berikut:

  1. Orangtua harus menjadi pendengar yang baik dan memberikan apresiasi terhadap anak. Orangtua yang baik tentunya selalu memberikan perhatian lebih supaya sang anak dapat mengungkapkan sesuatu yang dirasakannya secara interaktif. Hal ini mampu membangun rasa percaya diri ketika anak dewasa.
  2. Jangan sampai mengatakan kata “tidak/jangan” pada anak karena dapat menghambat kreativitasnya yang sedang berkembang dan hangat-hangatnya.
  3. Selalu berikan sikap lembut dan cinta kasih yang sederhana, karena hal tersebut dapat menjadi penyemangat diri bagi anak untuk melakukan sesuatu. Namun demikian, jangan pernah memberikan kasih sayang berlebih karena hal itu memungkinkan tumbuh ke arah sifat manja.
  4. Ajarkan pada anak rasa tanggung jawab pada dirinya dengan selalu melakukan kegiatan dengan tepat waktu.
  5. Jangan pernah menakut-nakuti anak karena akan mengakibatkan terkurung kreativitasnya dalam melakukan apa pun. Selain itu, dengan ditakut-takuti sang anak akan trauma mengadapi pelbagai persoalan dan akhirnya ia menjadi pribadi yang takut berkomitmen.

Cara Mengajari Anak yang Berkarakter Nakal

Seringkali kita marah dan acuh pada anak yang gemar membuat onar di mana pun juga. Sebetulnya, anak yang seperti ini bukan karena ia bodoh sebab tak ada anak yang bodoh melainkan hanya membutuhkan perhatian saja. Berikut merupakan cara mendidik anak nakal sebagai berikut:

  1. Berikan hukuman sebagai pelajaran moral pada sang anak supaya ia dapat belajar dari pengalamannya. Namun, jangan sampai kita memberikan hukuman yang tak mendidik karena akan membawa anak lebih nakal lagi. Bentuk hukuman ini bukanlah kekerasan fisik, namun lebih ke arah agar bagaimana sang anak berpikir untuk semakin mematuhi peraturan daripada mendapatkan konsekuensi atas apa yang dilakukannya.
  2. Berikan stimulus nasihat dengan nada yang halus supaya karakter anak yang memberontak dapat diredamkan. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan ceritera, nasihat, kelembutan, dan lain sebagainya agar ia dapat menyimak dengan saksama.
  3. Berikan pendekatan preventif. Model ini seringkali dianjurkan oleh para psikolog anak, karena dapat berguna dalam mencegah perbuatan yang kurang menyenangkan dari anak. Pendekatan ini memposisikan orangtua dalam mendidik secara baik dan benar, sehingga sang anak dapat berbuat baik dan tak merugikan dirinya sendiri maupun keluarga.

apa-itu-gizidat

Berbeda dengan anak nakal, anak yang cerdas juga wajib dididik dengan ajeg. Biasanya cara mendidik anak cerdas tak serumit mendidik anak dengan tipe lainnya. Kita dapat menggunakan pendekatan kultural-personal dalam menghadapi anak cerdas, bisa dengan contoh memberikan nasihat untuk lebih memahami orang yang kurang darinya sehingga ia dapat jemawa dan memiliki rasa empati lebih.

Selain solusi secara tindakan di atas, cara mendidik anak yang baik juga dapat dilakukan dengan pemberian stimulus vitamin untuk menunjang kesehatannya. Vitamin yang dapat kita gunakan adalah produk Gizidat yang menyehatkan karena mengandung bahan-bahan alami yang sangat berguna bagi tubuh. Sekarang giliran Anda untuk menentukan pilihan bagaimana cara mendidik anak.